• JANGAN LUPA BOOKMARK | CTRL+D

    Lomba Menulis “Surat untuk Presiden RI_Dampak Buruk Perdagangan Bebas” | ED: 30 Sept 2013


    indonesia akan menjadi tuan rumah KTT APEC dan KTM WTO di tahun 2013 ini, yang semuanya akan mempromosikan perdagangan bebas. Terkait dengan itulah SatuDunia menggelar LOMBA Menulis Surat kepada Presiden RI terkait Dampak Buruk Perdagangan Bebas. Berikut syarat-syaratnya.



    Adapun syarat-syarat penulisan adalah sbb:
    • Surat yang diikutkan lomba adalah hasil karya sendiri
    • Surat yang diikutkan lomba tidak berisi kata-kata makian
    • Surat yang diikutkan lomba tidak mengandung penistaan terhadap Agama, Ras dan Suku tertentu
    • Surat yang diikutkan lomba maksimal ditulis satu halaman A4 dengan spasi 1 (single)
    • Surat ditulis menggunakan bahasa Indonesia
    • Setiap peserta boleh mengirimkan karyanya maksimal 3 (tiga) surat
    • Surat yang diikutkan lomba dikirimkan via email ke firdaus(at)satudunia(dot)net, dengan subject “Surat untuk Presiden RI_Dampak Buruk Perdagangan Bebas”
    • Karya dikirimkan paling lambat tanggal 30 September 2013

    Sepanjang tahun 2013 ini, Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pacific Economic Cooperation (APEC), 5-7 Oktober dan Konferensi Tingkat Menteri World Trade Organization (KTM WTO) pada bulan Desember.
    Baik APEC maupun WTO memiliki tujuan yang sama, yaitu mempromosikan perdagangan bebas. Salah satu dari desakan perdagangan bebas adalah melucuti peran negara dan memaksimalkan peran swasta dalam perekonomian. Peran negara hanya dibatasi untuk menjamin agar mekanisme pasar berjalan sesuai yang diinginkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Peran negara untuk melindungi kepentingan warganya (seperti; hak atas pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, pekerjaan, penghidupan yang layak dan lingkungan hidup), bisa dilakukan sebatas tidak menganggu mekanisme pasar, arus modal, investasi dan kepentingan korporasi besar sebagai pelaku pasar.
    Karena itulah seringkali terungkap bahwa perdagangan bebas ini seringkali merugikan masyarakat. Hak-hak warga negara yang seharusnya mendapat perlindungan, pemenuhan dan penghormatan dari negara menjadi terabaikan demi berjalannya mekanisme pasar bebas.
    Terkait dengan itulah, SatuDunia sebagai organisasi yang concern pada isu penguatan organisasi masyarakat sipil mengadakan lomba menulis surat kepada Presiden Republik Indonesia (RI) mengenai dampak buruk dari perdagangan bebas.
    Surat-surat yang masuk dan memenuhi persyaratan lomba akan dimuat di website http://www.satudunia.net/, http://suarawarganegara.wordpress.com/ dan disebarkan di media sosial (facebook dan twitter)
    Lima (5) surat terbaik akan mendapatkan hadiah e-book menarik.

    Pemenang lomba akan diumumkan pada tanggal 30 Oktober 2013.
    Jika ada pertanyaan mengenai info lomba ini, silakan menghubungi: firdaus@satudunia.net
    Sumber: satudunia.net 

    0 comments:

    Entri Populer

     

    Blog Archive

    Followers